Desain Bahan Ajar Digital Gelombang Bunyi Terintegrasi Augmented Reality dan Model CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa

Alfa, Jessica (2023) Desain Bahan Ajar Digital Gelombang Bunyi Terintegrasi Augmented Reality dan Model CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_JESSICA_ALFA_19033158_6182_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seharusnya mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21 siswa. Kenyataannya keterampilan abad ke-21 siswa masih rendah, terutama keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi siswa. Solusi dari masalah tersebut adalah mengembangkan bahan ajar digital terintegrasi augmented reality (AR) dan model CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan hasil analisis kebutuhan, hasil uji validitas, dan hasil uji praktikalitas bahan ajar digital gelombang bunyi terintegrasi augmented reality (AR) dan model CTL untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Bahan ajar digital gelombang terintegrasi augmented reality (AR) dan model CTL mengacu pada metode R&D dengan model Hannafin dan Peck. Model pengembangan Hannafin and Peck terdapat tiga fase yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Data penelitian diperoleh dari angket kendala guru dalam pemanfaatan TIK dalam bahan ajar, analisis dokumen, soal unjuk kerja, instrumen angket validasi, dan instrumen angket praktikalitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert, menggunakan rumus Aiken’s V untuk menganalisis tingkat kevalidan bahan ajar digital dan analisis statistik untuk menganalisis kepraktisan bahan ajar digital. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan tiga hasil penelitian. Pertama, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa perlu dilakukan pembuatan bahan ajar digital gelombang bunyi terintegrasi augmented reality (AR) dan model CTL karena guru terkendala pada pemanfaatan TIK, materi gelombang bunyi yang dinilai sulit, nilai pengetahuan siswa yang rendah, dan rendahnya keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Kedua, bahan ajar digital gelombang bunyi berbantukan AR yang terintegrasi model CTL mendapat nilai 0,81 yang masuk dalam kategori valid. Ketiga, bahan ajar digital gelombang bunyi berbantukan AR yang terintegrasi model CTL adalah praktis menurut siswa dengan nilai 81,42 berada dalam kategori sangat tinggi. Jadi, Bahan ajar digital gelombang bunyi terintegrasi augmented reality (AR) dan model CTL adalah valid dan praktis untuk digunakan pada kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Dec 2023 05:38
Last Modified: 18 Dec 2023 05:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49054

Actions (login required)

View Item View Item