Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Nanoteknologi Fase E SMA/MA

Fazira, Ildyra (2023) Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Nanoteknologi Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Ildyra_Fazira_19035089_5401_2023-.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Materi Nanoteknologi Fase E dilengkapi dengan konten materi yang lebih terperinci, multirepresentasi yang mudah dipahami, dan gambar-gambar yang mendukung materi pada buku ajar. Harapannya dapat menunjang proses pembelajaran serta mendukung pendidikan di era revolusi industri 4.0. Keputusan Kemendikbud Nomor 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran kimia pada fase E SMA/MA terdapat materi nanoteknologi. Pengertian nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat merekayasa atau mengontrol material pada skala nanometer sehingga menghasilkan sifat baru yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Materi Nanoteknologi Fase E yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu educational design research (EDR) atau rancangan penelitian pendidikan. Studi penelitian dalam EDR yang dipakai adalah studi pengembangan. Model pengembangan yang digunakan merupakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 3 Padang, dan peserta didik fase E SMAN 3 Padang. Validitas dilakukan oleh tiga orang dosen, dua orang guru, evaluasi perorangan oleh tiga orang peserta didik, serta praktikalitas melalui uji kelompok kecil oleh sembilan orang peserta didik dan dua orang guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar dapat dikembangkan dan terbukti valid dengan rata-rata validitas 0,90 dan sangat praktis pada uji praktikalitas guru dan peserta didik dengan rata-rata praktikalitas 92,6% dan 92,6%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku ajar ini valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:18
Last Modified: 18 Dec 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49053

Actions (login required)

View Item View Item