Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang

Baene, Gustimawati K. (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_GUSTIMAWATI_K. BAENE_18029180_5792_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemecahan Masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung serta mendeskripsikan perkembangan pemecahan masalah matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan The nonoeqivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Data nilai kuis dianalisis berdasarkan rata-rata nilai, serta presentase skor peserta didik per indikator. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara umum perkemabangan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan selama menggunakan model pembelajaran PBL. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model PBL lebih baik daripada pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:54
Last Modified: 15 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49045

Actions (login required)

View Item View Item