Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA

Hidayati, Hafilzdah (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_HAFILZDAH_HIDAYATI_19031077_6138_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keterampilan yang hendaknya dapat dikuasai oleh peserta didik pada abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat dikembangkan dan diukur dengan pembelajaran yang memberikan soal berpikir kritis. Proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik belum berlangsung secara optimal di SMAN 1 Payakumbuh. Hal ini menyebabkan peserta didik pasif dalam proses pembelajaran dan berdampak terhadap rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil uji pendahuluan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang didapatkan nilai sebesar 40 yang termasuk dalam kategori rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan question card. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media question card pada materi sistem ekskresi di kelas XI di SMAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan desain sequential explanatory design. Bentuk penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal esai keterampilan berpikir kritis, lembar angket, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan dokumentasi. Data kuantitatif yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan paired sample t test, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa setelah diberikan perlakuan maka keterampilan berpikir kritis peserta didik lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 64,97 termasuk ke dalam kategori tinggi dan setelah diberikan perlakuan sebesar 69,11 termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan demikian terjadi peningkatan nilai KBK sebesar 6%. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,022<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan question card mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMAN 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:51
Last Modified: 15 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49044

Actions (login required)

View Item View Item