Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Garam terhadap Jumlah dan Morfologi Bakteri Asam Laktat (BAL) pada Sauerkraut dari Fermentasi Sawi Putih (Brassica rapa L. ssp. pekinensis.)

Wulan, Hassanahtul (2023) Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Garam terhadap Jumlah dan Morfologi Bakteri Asam Laktat (BAL) pada Sauerkraut dari Fermentasi Sawi Putih (Brassica rapa L. ssp. pekinensis.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Hassanahtul_Wulan_19032129_7021_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi masa pandemi ini mengkonsumsi makanan sehat sangat penting, seperti makanan yang mengandung bakteri probiotik. Makanan jenis ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan bermanfaat bagi saluran pencernaan. Salah satu bekteri tersebut adalah bakteri asam laktat. Produksi BAL yang banyak akan sangat bermanfaat, metode yang bisa digunakan adalah isolasi. Isolasi dapat dilakukan dari salah satu olahan fermentasi yaitu sauerkraut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi garam terhadap jumlah dan morfologi BAL pada hasil fermentasi sawi putih (Brassica rapa L. ssp. pekinensis.) yang diolah menjadi sauerkraut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksperimen. Metode yang digunakan adalah isolasi dan identifikasi bakteri (makroskopis dan menghitung jumlah bakteri). Bakteri asam laktat diisolasi dari Sauerkraut yang dibuat menggunakan sawi putih yang telah difermentasi. Identifikasi BAL diamati berdasarkan ciri-ciri morfologi koloni dan menghitung jumlah bakteri yang tumbuh pada medium selektif (MRS). Data dianalisis menggunakan ragam (anova) pada taraf 5% dan uji lanjut DMRT jika berbeda nyata. Hasil penelitian secara makroskopis pada koloni menghasilkan warna putih, krem, dan kuning. Pada semua perlakuan bentuk yang dihasilkan semuanya sama yaitu circular, tepian juga menghasilkan bentuk yang sama yaitu berbentuk entire, sedangkan pada hasil elevasinya berbeda-beda. Identifikasi jumlah BAL konsentrasi garam yang efektif dalam membantu pertumbuhan BAL adalah 2,5% (kontrol), urutan kedua konsentrasi 3% dan urutan terakhir konsentrasi 2% . Secara hitungan statistik tidak berbeda nyata, namun jika dibandingkan angka dari hasil masing-masingnya terlihat berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFevria, RestiUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:48
Last Modified: 15 Dec 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49043

Actions (login required)

View Item View Item