Dekryani, Afifah
(2023)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Local Guide terhadap Kepuasan Pengunjung pada Daya TarikWisata Lubang Japang Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan, yaitu rendahnya tingkat Kepuasan Pengunjung di Tempat Wisata Lubang Japang disebabkan oleh Kualitas Pelayanan yang masih kurang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kuantitatif. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Populasi penelitian terdiri dari pengunjung yang berkunjung ke Tempat Wisata Lubang Japang. Sampel penelitian terdiri dari 391 responden yang dipilih dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.00.
Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung, dengan Kualitas Pelayanan berkontribusi sebesar 43,5% terhadap Kepuasan Pengunjung, sementara 56,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |