Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 19 Padang

Wulan, Embun Sari (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Embun_Sari_Wulan_19029083_5746_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, dalam kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VII SMP Negeri 19 Padang masih belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VII SMP Negeri 19 Padang yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah VII 3 dan sebagai kelompok kontrol adalah VII 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan diperoleh , maka ditolak. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Artinya, penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VII SMP Negeri 19 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:33
Last Modified: 13 Dec 2023 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49010

Actions (login required)

View Item View Item