Implementasi Machine Learning Algoritma C4.5 dalam Pengklasifikasian Pasien yang Mengalami Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2

Purwaningrum, Dyah Ayu Sekar Kinasih (2023) Implementasi Machine Learning Algoritma C4.5 dalam Pengklasifikasian Pasien yang Mengalami Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DYAH_AYU_SEKAR_KINASIH_PURWANINGRUM_19030096_5928_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pola hidup sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, tetapi banyak dari masyarakat Indonesia yang masih mengabaikannya. Pengabaian tersebut dapat mengundang penyakit diabetes mellitus yang sudah menjangkiti 643 juta orang di dunia. Sehingga, diperlukan diagnosa dini yang akurat sebagai bentuk pencegahan diabetes. Dengan menggunakan machine learning algoritma C4.5, penelitian ini akan membentuk model yang mampu mengklasifikasikan apakah seseorang dikatakan diabetes atau tidak berdasarkan faktor penyebab diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan studi literatur terkait teori-teori yang relevan dengan permasalahan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data. Data yang digunakan berupa data rekam medis pasien diabetes dan tidak diabetes Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang. Data yang telah terkumpul selanjutnya diproses menggunakan algoritma C4.5. Model decision tree yang dihasilkan terdiri dari 33 nodes dengan atribut glukosa sebagai root node-nya. Pada masing-masing node terdapat keterangan atribut, entropy, sampel, nilai, dan kelas. Dari evaluasi kinerja model dihasilkan nilai recall 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:30
Last Modified: 13 Dec 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49009

Actions (login required)

View Item View Item