Pengembangan E-module Terintegrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Putri, Despia Lailatul (2023) Pengembangan E-module Terintegrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DESPIA_LAILATUL_PUTRI_19031070_7083_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di sekolah dapat diaplikasikan melalui media pembelajaran. Media yang sering digunakan guru adalah buku paket, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan modul, namun modul yang digunakan tampilannya kurang menarik dan kurang efektif digunakan dalam pembelajaran serta masih bersifat monoton. Apalagi jika dikaitkan dengan Abad 21 yang mengedepankan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengembangkan modul berbasis elektronik (e-module) dengan pendekatan multidisiplin ilmu yaitu Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-module terintegrasi pendekatan STEAM tentang materi sel untuk peserta didik Kelas XI SMA di SMA Pertiwi 1 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Develoment (R&D) menggunakan model 4D. Instrumen penelitian adalah lembar pedoman wawancara guru, angket peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas. E-module divalidasi oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMA Pertiwi 1 Padang. Uji praktikalitas E-module yang dikembangkan dilakukan kepada 1 orang guru biologi dan 53 orang peserta didik SMA Pertiwi 1 Padang Kelas XI MIPA Tahun Pelajaran 2022/2023. Objek penelitian adalah e-module terintegrasi pendekatan STEAM tentang materi sel untuk peserta didik Kelas XI SMA. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata hasil validitas 94,44% (sangat valid). Uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai rata-rata 96,83% (sangat praktis) dan uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 90,12% (sangat praktis). Rata-rata nilai uji praktikalitas oleh peserta didik dan guru sebesar 93,47% (sangat praktis). Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa e-module terintegrasi pendekatan STEAM tentang materi sel untuk peserta didik Kelas XI SMA yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:05
Last Modified: 13 Dec 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49007

Actions (login required)

View Item View Item