Pembuatan Instrumen Asesmen Autentik pada Model Research Based Leraning Materi Gerak Lurus Kelas X SMA

Fitri, Diva Zelina (2023) Pembuatan Instrumen Asesmen Autentik pada Model Research Based Leraning Materi Gerak Lurus Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_DIVA_ZELINA_FITRI_18033059_5913_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 merupakan era perkembangan teknologi yang pesat. Pada era ini diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk mempersiapkan peserta didik agar siap menghadapi perkembangan ini. Berdasarkan tuntutan zaman tersebut pendidikan nasional mengeluarkan upaya dalam meningkatkan kurikulum menjadi kurikulum 2013 guna menstimulus peserta didik. Salah satu cara untuk menstimulus peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dan melakukan penilaian dalam proses pembelajaran. Penilaian yang dituntut oleh kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Namun, masih belum banyak penggunaan penilaian autentik ini dalam sistem penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan validitas dan praktikalitas dari instrumen asesmen autentik model research based learning materi gerak lurus untuk kelas X SMA. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model desain pembelajaran ADDIE. Nilai validasi yang telah diperoleh, selanjutnya diolah dengan menggunakan validitas Indeks Aiken’s V. Ada 4 komponen yang dinilai dalam instrumen asesmen autentik ini yaitu kelayakan isi, penggunaan bahasa, kelayakan penyajian, dan kegrafisan asesmen. Selanjutnya produk yang telah valid diuji kepraktisannya dengan uji praktikalitas. Ada 3 komponen yang dinilai dalam instrumen asesmen autentik yaitu komponen kemudahan penggunaan, daya tarik, dan efisiensi. Hasil penelitian pada tahap validitas produk lembar kegiatan asesmen autentik yaitu 0,82 dengan kategori valid, dan hasil praktikalitas produk lembar kegiatan asesmen autentik menurut guru yaitu 91,67% dan menurut peserta didik yaitu 83,97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:55
Last Modified: 13 Dec 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49005

Actions (login required)

View Item View Item