Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman

Afdal, Rahmatul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RAHMATUL_AFDAL_18061066_6272_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian yaitu kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Tujuan dari penelitian untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpalan data pada penelitian berdasarkan observasi dan instrument tes yang disesuaikan dengan prosedur penelitian. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan dengan menerapkan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pariaman. Dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa di kelas XI DPIB 2. Hasil penelitian menunjukan yaitu pada siklus I nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebesar 62,35 dengan persentase ketuntasan 15,38% dan pada tes akhir siklus (post-test) memperoleh rata-rata sebesar 72,58% dengan persentase sebesar 73,08%. Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal dan tes akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 16,41% dengan kriteria belum tercapai. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebesar 81,38 dengan persentase 96,15% dan pada akhir tes siklus II (post-test) memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,31 dengan persentase ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorArbi, YaumalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STUDENT FACILITATOR AND EXPLAIN
Subjects: T Technology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:55
Last Modified: 12 Dec 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48992

Actions (login required)

View Item View Item