Deskripsi Hasil Belajar, Miskonsepsi, Serta Materi Penghambat pada Materi Benzena.

Lestia, Sherly (2023) Deskripsi Hasil Belajar, Miskonsepsi, Serta Materi Penghambat pada Materi Benzena. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SHERLY_LESTIA_18035021_1054_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki beberapa keunggulan salah satunya kurikulum berbasis karakter dan kompetensi yang menjadi dasar pengembangan kemampuan seperti aspek kepribadian, kepemimpinan, serta pengembangan kompetensi berkaitan dengan keterampilan dan diinginkan menghasilkan insan yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter (Kemendikbud, 2014). Berdasarkan hasil analisis angket yang disebarkan ke 10 Guru dikota Padang, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi benzena dikategorikan sedang. Ini dibuktikan berdasarkan persentase jawaban yang diberikan oleh guru, dimana 31%-60% siswa tuntas pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar, miskonsepsi, serta materi penghambat pada materi benzena. Penelitian ini menggunakan Mixed Method dengan desain Convergent Mixed Parallel Design. Penelitian dilakukan pada 29 siswa di salah satu SMA di kota Padang. Instrument yang digunakan yaitu Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 0% dimana dari 29 peserta didik, tidak ada seorang pun peserta didik yang tuntas dalam mengikuti tes SEDToC materi benzena dan turunannya. Hal ini disebabkan karena adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik. Sebanyak 19 miskonsepsi ditemukan pada jawaban siswa. Miskonsepsi ini disebabkan karena adanya materi penghambat pada materi benzena dan turunannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DESKRIPSI HASIL BELAJAR, MISKONSEPSI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:18
Last Modified: 12 Dec 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48981

Actions (login required)

View Item View Item