Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis LSLC Pada Materi Titrasi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Adabiah Padang

Ramadani, Sarida (2023) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis LSLC Pada Materi Titrasi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SARIDA_RAMADANI_19035047_4504_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru secara individu menyebabkan sulitnya dilakukan perbaikan (refleksi) sehingga proses pembelajaran yang berlangsung berdampak pada rendahnya hasil belajar dan juga kualitas proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan menerapkan model guided discovery learning berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model guided discovery learning berbasis LSLC pada materi titrasi asam basa terhadap hasil belajar siswa SMAS Adabiah Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment design) menggunakan rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/i kelas XI MIPA tahun pelajaran 2022/2023 SMAS Adabiah Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer berupa hasil nilai pretest dan posttest siswa. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen (0,71) lebih tinggi dari kelas kontrol (0,60). Data yang diperoleh berdistribusi normal dengan varians homogen, sehingga uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung (3,385) > ttabel (1,804) yang artinya hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbasis LSLC pada materi titrasi asam basa di SMAS Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS LSLC
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:14
Last Modified: 12 Dec 2023 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48977

Actions (login required)

View Item View Item