Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa XI pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh

Putri, Annisa Aulia Rosa (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa XI pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Annisa_Aulia_Rosa_Putri_18031095_7353_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh, guru sudah melatih keterampilan berpikir kritis dan komunikasi dalam proses pembelajaran, namun guru belum melakukan pengukuran keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa sangat penting untuk diketahui guru, agar guru nantinya bisa menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas XI pada materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh. Sampel penelitian adalah 74 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Payakumbuh yang diambil secara acak dari kelas XI MIPA 2 – XI MIPA 8. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dalam bentuk esai yang telah valid. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI berada pada kategori rendah sekali dengan rerata 20,00% dan keterampilan komunikasi berada pada kategori rendah sekali dengan rerata 19,48%. Hasil penelitian juga menyatakan rerata persentase dari hasil nilai tiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 56,09% pada kategori sedang dan rerata persentase dari hasil nilai tiap indikator keterampilan komunikasi siswa sebesar 66,65% pada kategori tinggi. Adanya hasil ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keterampilan berpikir kritis dan komunikasi sehigga guru bisa menerapkan strategi dan model pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:11
Last Modified: 12 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48976

Actions (login required)

View Item View Item