Hubungan Perceived Ease of Use (E) dengan Perceived Usefullnes (U) pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Muslimah, Aprilia (2023) Hubungan Perceived Ease of Use (E) dengan Perceived Usefullnes (U) pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Aprilia_Muslimah_19031003_5492_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) menggunakan aplikasi Scola, selama menggunakan aplikasi Scola perlu diketahui apakah aplikasi tersebut sudah diterima oleh peserta didik atau tidak. Salah satu cara untuk melihat aplikasi Scola diterima atau tidak dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM memiliki dua variabel utama yaitu Perceived Ease of Use (E) dan Perceived usefullnes (U), dua variabel ini perlu diketahui hubungannya dalam penggunaan suatu aplikasi karena memiliki pengaruh terhadap intensi pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan E dan U pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA DEK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang telah dilaksanakan pada bulan November 2022 - Mei 2023 di SMA DEK. Sampel berjumlah 48 orang siswa yang terdiri dari kelas X, XI MIPA, XII MIPA. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling dimana semua peserta didik dijadikan sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket hubungan E dan U pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi. Data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Person Product Momen, kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan tersebut. Hasil penelitian didapatkan nilai E rata-rata 73.56% dengan kriteria tinggi. Nilai U rata-rata 71.13% dengan kriteria tinggi, dan hubungan E dan U pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA DEK memiliki rxy = 0.78 ( korelasi kuat dan positif), t hitung = 8.41 dengan t tabel = 1.68 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara E dan U pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA DEK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:10
Last Modified: 12 Dec 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48975

Actions (login required)

View Item View Item