Bahan Ajar Elektronik Model PBL dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Karakter pada Materi Pengukuran untuk Pembelajaran Fisika SMA

Sherly, Sherly (2023) Bahan Ajar Elektronik Model PBL dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Karakter pada Materi Pengukuran untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SHERLY_18033024_4834_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengukuran merupakan salah satu materi fisika yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika tiga sekolah di kota Padang, bahwa guru cenderung menggunakan ceramah dengan bantuan Ppt, video dari YouTube untuk proses belajar mengajar dan penggunaan bahan ajar masih terbatas. Dalam pembelajaran pemerintah telah memperhatikan upaya pendidikan karakter melalui kurikulum merdeka belajar. Upaya yang dilakukan untuk melengkapi nilai-nilai karakter terdapat dalam bahan ajar. Agar bahan ajar lebih terarah diperlukan sebuah model dan pendekatan, model PBL dengan pendekatan SETS membawa siswa belajar fenomena aktual secara langsung dan memecahankan masalahan pada kehidupan sehari-hari dengan harapan saat proses pembelajaran, siswa memberikan tanggapan baik secara individual ataupun kelompok sehingga mampu belajar secara aktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan model 4D (Four-D models), namun dibatasi pada tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari 3 validator dosen departemen Fisika FMIPA UNP, 3 guru mata pelajaran Fisika dan 30 siswa fase E SMA. Sedangkan objeknya adalah Bahan Ajar Elektronik Model PBL dengan Pendekatan SETS Terintegrasi Karakter. Data penelitian ini adalah data primer yang diproleh dari angket validitas diolah menggunakan rumus Aiken V, praktikalitas diolah berdasarkan kriteria interpretasi skor yang diproleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas 0,85 dengan kriteria valid, nilai praktikalitas 89,11% dari guru, 88,4% dari siswa dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Elektronik Model PBL dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terintegrasi Karakter pada Materi Pengukuran untuk Pembelajaran Fisika SMA yang dikembangkan valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR ELEKTRONIK MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SETS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:54
Last Modified: 12 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48974

Actions (login required)

View Item View Item