Pengaruh Penerapan Model REACT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMAN 1 RAO Kabupaten Pasaman

Ana, Selvia Indri (2023) Pengaruh Penerapan Model REACT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMAN 1 RAO Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SELVIA_INDRI_ANA_18033053_425_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 menekankan pesera didik pada Keterampilan 4C yang untuk mewujudkan tujuan pembelajaran harus berpusat pada peserta didik (active learning). Kenyataannya dilapangan, pembelajaran Fisika di kelas X MIPA SMAN 1 RAO terlihat bahwa guru masih melakukan pendekatan secara langsung dan kurang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurangnya partisipasi dalam belajar yang mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Untuk mengatasi itu, peneliti menggunakan model pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model REACT terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas X MIPA Semester 2 di SMAN 1 RAO Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Exsperimental Desain). Desain penelitian yang digunakan Post-test Only Control Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA SMAN 1 RAO yang terdaftar pada T.P 2021/2022. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Dari hasil penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir untuk kelas eksperimen 81 dan kelas kontrol 76,52. Berdasarkan perhitungan dari uji t untuk taraf signifikansi 0,05 didapat nilai = 2,127 lebih besar dari = 1,688. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran REACT dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran REACT atau model pembelajaran Discovery Learning yang digunakan pada materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis Sederhana di SMAN 1 RAO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL REACT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:54
Last Modified: 12 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48971

Actions (login required)

View Item View Item