Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam

Mar’ah, Syafiratul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SYAFIRATUL_MAR’AH_18031030_2060_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengukuran kemampuan argumentasi peserta didik pada abad 21 diperlukan untuk mengetahui keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemampuan argumentasi peserta didik kelas X di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam berada pada kategori rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini karena guru belum menerapkan pendekatan student centered, sehingga peserta didik belum dituntut untuk aktif dalam mengeluarkan argumen, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas X pada pembelajaran Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X.E-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E-8 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal esai yang telah valid dengan nilai validitas isi 0,86 (sangat tinggi) dan validitas empiris 0,68 (tinggi). Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan argumentasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen sebesar 12,78 dan kelas kontrol sebesar 4,37. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan argumentasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh positif terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas X pada pembelajaran Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda hijrahUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:47
Last Modified: 12 Dec 2023 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48968

Actions (login required)

View Item View Item