Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA Adabiah 2 Padang

Putri, Salsa Dilla (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SALSA_DILLA_PUTRI_19029047_5691_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika yang baik membantu peserta didik memperoleh landasan yang baik untuk keterampilan dasar lainnya. Berdasarkan penilaian harian di kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang terlihat pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy eksperimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian menggunakan static group comparison. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA Adabiah 2 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal kuis dan soal tes akhir pemahaman konsep matematis berbentuk essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data hasil tes akhir terlihat bahwa pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value < α , maka tolak . Hal ini menunjukkan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik di kelas kontrol.. Berdasarkan data hasil kuis terlihat rata-rata setiap pertemuannya mengalami penurunan dan peningkatan, namun secara umum rata-rata nilai kuis peserta didik di setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Setiap peningkatan yang terjadi, menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik semakin membaik, artinya terjadi perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:12
Last Modified: 11 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48959

Actions (login required)

View Item View Item