Perbedaan Hasil Belajar Siswa menggunakan Diferensiasi Proses dengan Produk Berbasis Model Guided Discovery Learning

Fitri Az, Rismel (2023) Perbedaan Hasil Belajar Siswa menggunakan Diferensiasi Proses dengan Produk Berbasis Model Guided Discovery Learning. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RISMEL_FITRI_AZ_19035107_4956_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka menuntut untuk pelaksanaan pembelajaran menggunakan diferensiasi agar kebutuhan belajar siswa terpenuhi. Salah satu pembelajaran berdiferensiasi yang dapat laksanakan yaitu menggunakan diferensiasi proses dengan produk berdasarkan kesiapan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan diferensiasi proses dengan produk berbasis model guided discovery learning pada materi ikatan kimia di SMAN 1 Pasaman pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain post-test only control design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari enam kelas siswa Fase E. Desain penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 2 kelas sampel yang terdiri dari kelas eksperimen I yaitu X.1 dan eksperimen II yaitu X. 4. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen SEDToC yang dapat mengidentifikasi materi penghambat dan mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan t-test. Hasil uji normalitas dengan nilai signifikansi (0,366) > α(0,05) untuk kelas eksperimen I dan nilai signifikansi (0,257) > α(0,05) untuk kelas eksperimen II menunjukkan data yang diperoleh terdistribusi secara normal. Uji hipotesis yang dilakukan dengan independent sample t-test menunjukkan hasil 0,000 < α(0,05). Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang dimiliki oleh siswa yang menggunakan diferensiasi proses dengan produk. Hasil belajar siswa yang melakukan diferensiasi proses yaitu 78,34 sementara siswa yang melakukan diferensiasi produk yaitu 52,72. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan diferensiasi proses lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang menggunakan diferensiasi produk pada materi ikatan kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:12
Last Modified: 11 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48957

Actions (login required)

View Item View Item