Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Momentum dan Impuls untuk Menunjang Keterampilan Berpikir Kritis

Chakampai, Sanjung Pradana (2023) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Momentum dan Impuls untuk Menunjang Keterampilan Berpikir Kritis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SANJUNG_PRADANA_CHAKAMPAI_18033109_169_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di abad 21 berkembang dengan pesat, hal ini dilihat dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di berbagai bidang kehidupan. Perkembangan IPTEK pada abad 21, dapat dihadapi dengan memiliki berbagai keterampilan, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis pada abad 21. Fakta yang ditemukan di lapangan adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh bahan ajar belum menuntun peserta didik untuk aktif dalam belajar memecahkan masalah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls untuk menunjang keterampilan berpikit kritis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, dan praktikalitas terhadap bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls untuk menunjang keterampilan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development research menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada tahap small group. Sumber data diperoleh dari hasil validasi oleh lima tenaga ahli yaitu dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one dan small group diperoleh dari siswa kelas X SMAN 2 Koto XI Tarusan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen analisis kebutuhan, instrumen analisis literatur, lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken dan kepraktisan produk menggunakan teknik persentase. Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan keterampilan berpikir kritis rendah. Pada Develop or Prototyping Phase telah didesain bahan ajar yang disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,84 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan small group diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,3% dengan kategori praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembuatan bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls untuk menunjang keterampilan berpikir kritis adalah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:56
Last Modified: 11 Dec 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48953

Actions (login required)

View Item View Item