Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Siregar, Reynaldy (2023) Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_REYNALDY_SIREGAR_19033127_3124_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang didesain dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian tentang pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik telah banyak dilakukan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara penerapan model problem based learning dengan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik secara umum serta berdasarkan materi pelajaran dan bahan ajar. Jenis penelitian ini merupakan meta analisis. Penelitian meta analisis merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi penelitian terdahulu yang relevan antara variabel-variabel yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan merupakan perhitungan summary effect size berdasarkan formula Cohen’s dengan data-data statistik yang didapatkan melalui analisis studi. Perhitungan summary effect size dapat dilakukan dengan dua model yang dipilih berdasarkan asumsi populasi apakah seragam atau bervariasi yaitu fixed effect dan random effect. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan adanya pengaruh efektif antara model problem based learning dengan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik secara keseluruhan yaitu 1,985 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan materi pelajaran memberikan pengaruh paling efektif pada materi suhu dan kalor sebesar 4,315 dengan kategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:56
Last Modified: 11 Dec 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48952

Actions (login required)

View Item View Item