Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Surry, Salsa Billa (2023) Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SALSA_BILLA_SURRY_19029112_6319_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang lebih baik jika menggunakan model pembelajaran CORE daripada model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 34 Padang 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII.H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-value = 0,000, artinya P-value < sehingga tolak H0. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:55
Last Modified: 11 Dec 2023 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48947

Actions (login required)

View Item View Item