Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 25 Padang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Vernell, Rizka Aulyani (2023) Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 25 Padang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIZKA_AULYANI_VERNELLI_18029115_4204_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Efikasi diri merupakan kepercayaan diri yang dimiliki seseorang untuk mengarahkan kemampuan dalam melaksanakan tugas untuk mencapainya. Selain itu, kemandirian belajar merupakan proses belajar dimana setiap individu memiliki insiatif ataupun tanpa bantuan orang lain dalam menentukan kegiatan belajarnya. Selanjutnya, kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kecakapan atau potensi yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, efikasi diri terkait kemampuan yang ada pada diri peserta didik masih rendah.Kurangnya inisiatif atau kesadaran yang ada dalam diri peserta didik akan pentingnya suatu kemandirian belajar.Rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam memahami dan menentukan strategi untuk menyelesaikan permasalahan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 25 Padang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan soal tes. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Padang pada kelas IX tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 60 peserta didik yang terbagi atas kelas IX.1 dan IX.2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes soal dalam bentuk uraian. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai probabilitas sig.≤ 0,05 maka tolak H0. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) terdapatnya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) terdapatnya pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH EFIKASI DIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:54
Last Modified: 11 Dec 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48946

Actions (login required)

View Item View Item