Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Nurrahmadanni, Regita (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_REGITA_NURRAHMADANI_18029159_3545_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil penilaian harian peserta didik yang soal-soalnya memuat indikator pemecahan masalah matematis dan ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VIII di SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan penelitian the non-equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Man Whitney. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,0054. Karena P-Value kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDjamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:54
Last Modified: 11 Dec 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48945

Actions (login required)

View Item View Item