Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 3 Padang

Ahmadi, Rana Alifia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RANA_ALIFIA_AHMADI_18029158_1476_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang semestinya dimiliki oleh setiap peserta didik dalam belajar matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI SMK Negeri 3 Padang diketahui bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasy-experiment dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Padang sebanyak 70 orang. Setelah melakukan langkah-langkah pengambilan sampel, maka terpilih kelas XI OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI OTKP 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value < α maka tolak . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:14
Last Modified: 11 Dec 2023 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48944

Actions (login required)

View Item View Item