PengaruhE-Sevice Quality terhadap Customer E-Loyalty dengan Customer E-Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Penggunaan E-Money Ovo di Kota Padang.

Maulana, Imam (2023) PengaruhE-Sevice Quality terhadap Customer E-Loyalty dengan Customer E-Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Penggunaan E-Money Ovo di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_IMAM_MAULANA_17059169_5521_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh e-service quality terhadap customer e-satisfaction melalui customer e-satisfaction yang dirasakan konsumen di Kota Padang dalam menggunakan layanan E-Money OVO. Pada penelitian digunakan sebanyak 240 observasi, yaitu masyarakat di Kota Padang yang memiliki aplikasi E-Money OVO, dan minimal dua kali telah menggunakan layanan E-Money OVO. Proses pengumpulan data yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Proses tersebut dilakukan secara langsung. Konsep variabel yang digunakan ada tiga kelompok variabel yaitu variabel endogen yaitu customer e-loyalty, variabel kedua adalah eksogen yaitu e-service quality, variabel ketiga adalah mediasi yaitu customer e-satisfaction. Metode analisis data yang digunakan dala penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui analisis distribusi frekuensi dan analisis persentase Tingkat Capaian Responden (TCR). Analisis kedua adalah kuantittif yaitu dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang diolah dengan menggunakan bantuan software Smart PLS, sedangkan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T-statistik. Sesuai dengan prosedur pengujian ditemukan bahwa kualitas pelayanan elektronik atau e-service quality mampu meningkatkan kepuasan pelanggan (customer e-satisfaction) pengguna layanan uang elektronik OVO di Kota Padang, selain itu kualitas pelayanan yang tinggi mampu menciptkan kepuasan setiap kali pengguna mengoperasikan E-Money OVO dalam melakukan transaksi keuangan, konsistensi tersebut menciptakan keteraturan untuk terus menggunakan layanan OVO di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanto, PerengkiUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorThabrani, GesitUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-SERVICE QUALITY, CUSTOMER E-SATISFACTION, CUSTOMER E-LOYALTY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:17
Last Modified: 11 Dec 2023 09:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48942

Actions (login required)

View Item View Item