Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pokok Bahasan Peluang terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Hamda, Agil (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pokok Bahasan Peluang terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Agil_Hamda_19029067_5538_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP rendah. Di mana pembelajaran dominan berpusat kepada pendidik. Penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah terbatasnya media pembelajaran yang mampu melatih mereka dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu materi yang penting bagi peserta didik adalah materi peluang, dikarenakan materi ini dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran interaktif yang valid, mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran interaktif yang praktis, dan mendeskripsikan efetivitas penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahapan penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu, analisis pendahuluan, pengembangan, dan penilaian. Pada tahap analisis pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, konsep, serta karakteristik peserta didik. Pada tahap pengembangan dirancang media pembelajaran interaktif berupa multimedia, kemudian dilaksanakan uji coba dalam 2 tahap yaitu, one-toone dan small group kepada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Dampak dari penggunaan media pembelajaran ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dilihat pada tahap penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pada topik peluang sudah valid, praktis, dan efektif (pada tahap small group). Dikatakan valid karena media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sesuai dengan prinsip pengetahuan ilmiah dan logis dilihat dari aspek penyajian, isi, kebahasaan, dan kegrafikan dengan skor validitas 3.61 dengan kategori sangat valid. Praktis karena media pembelajaran dapat digunakan sesuai dengan pengaturan yang telah dirancang dan dikembangkan dilihat dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, daya tarik, dan kemudahan untuk dipahami dengan skor praktikalitas 91,61% (tahap one-to-one) dan 90,15% (pada tahap small group). Media dikatakan efektif karena mampu memberikan dampak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada topik peluang dengan persentase efektivitas sebesar 87,29% (tahap small group).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:10
Last Modified: 11 Dec 2023 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48939

Actions (login required)

View Item View Item