Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Listrik Statis

Antoni, Adhe Marlina (2023) Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Listrik Statis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Adhe_Marlina_Antoni_18033119_6256_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 terdapat beberapa muatan yang harus diintegrasikan. Salah satu muatan yang dituntut dalam kurikulum 2013 revisi 2017 adalah literasi saintifik. Tuntutan literasi saintifik ini dapat diterapkan dalam LKS. Fakta yang ditemukan di lapangan KIT praktikum yang tersedia di beberapa SMA di kota Padang sudah lengkap, tetapi belum digunakan secara maksimal. Selanjutnya ketersediaan LKS sebagai pedoman penuntut kegiatan praktikum belum tersedia di sekolah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pengembangan LKS yang terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi listrik statis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis validitas LKS yang terintegrasi literasi saintifik. Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Impelemntation dan Evaluation. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Development pada tahap uji validitas. Pada tahap Analysis dilakukan observasi ke beberapa sekolah mengenai pentingnya pengembangan bahan ajar LKS dalam tujuan pembelajaran. Pada tahap Design dilakukan rancangan kerangka LKS yang terintegrasi literasi saintifik. Pada tahap Development dilakukan validasi terhadap produk yang sudah dikembangkan. Objek dari penelitian ini adalah LKS yang terintegrasi literasi saintifik. Data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh tiga orang dosen fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validitas. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk menggunakan Aiken „S V. Hasil penelitian ini memperoleh tiga hasil yaitu pertama berdasarkan analisis pendahuluan diperoleh permasalahan bahwa sekolah belum memiliki bahan ajar LKS yang terintegrasi literasi saitifik untuk penggunaan KIT praktikum. Kedua pada tahap desain telah didesain LKS yang terintegrasi literasi saintifik. Ketiga pada tahap development hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,85 dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS yang terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi listrik statis sangat valid dan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:08
Last Modified: 11 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48933

Actions (login required)

View Item View Item