Pengaruh Model Pembelajaran Reading to Learn (R2L) terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 29 Padang

Aulia, Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Reading to Learn (R2L) terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_PUTRI_AULIA_19231035_1161_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Karakteristik pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik salah satunya yaitu pembelajaran berpusat pada peserta didik, artinya peserta didik yang berperan aktif dalam pembelajaran, serta dalam mencari informasi dan menggali informasi, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Idealnya dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik hendaknya diiringi oleh minat baca peserta didik. Pada mata pelajaran IPA SMP memiliki materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari serta terdapat banyak sumber rujukan dalam membangun pengetahuan dan pemahaman konsep. Hasil penelitian terdahulu menyetkan salah satu faktor keberhasilan hasil belajar peserta didik adalah minat baca peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca peserta didik yang sejalan dengan peningkatan kemampuan kognitif adalah dengan penerapan model pembalajaran Reading to Learn (R2L). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Reading to Learn terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 29 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian terdiri atas kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Reading to Learn (R2L) dengan bebantuan LKPD dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan Microsoft Excel 2019. Berdasarkan pengujian hipotesis, didapatkan nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan (α) 0,05 yaitu 3,475 > 1,670, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Reading to Learn (R2L) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 29 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktavia, RaniUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: READING TO LEARN (R2L)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:14
Last Modified: 08 Dec 2023 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48919

Actions (login required)

View Item View Item