Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas X IPA SMAN Kecamatan Payakumbuh

Akmal, Rahmatul Fauziah (2023) Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas X IPA SMAN Kecamatan Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMATUL_FAUZIAH_AKMAL_18029156_440_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa untuk memonitor konsep dan strategi yang digunakan sesuai dengan masalah yang diberikan dan kurangnya kemampuan siswa untuk mengecek kembali hasil yang telah dibuat, selain itu kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Kec. Payakumbuh Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena permasalahan yang dihadapi bersifat holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes, angket, dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung berupa tes kemampuan metakognitif Trigonometri, angket kemampuan metakognisi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data adalah triangulasi teknis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori kemampuan metakognitif siswa, yaitu kemampuan metakognitif tinggi, sedang, dan rendah. Persentase tertinggi adalah siswa dengan kemampuan metakognitif sedang, diikuti oleh kemampuan metakognitif rendah, dan persentase terkecil adalah kemampuan metakognitif tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan metakognitif tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan metakognitif dengan baik, memiliki kemampuan memecahkan masalah cerita secara runtut dan lengkap, memiliki kemampuan menentukan hasil dan mengecek kembali langkah penyelesaian, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan metakognitif sedang adalah siswa yang memiliki kemampuan metakognitif sedang. tidak sepenuhnya mampu memenuhi semua indikator kemampuan metakognitif, memiliki kemampuan menyelesaikan soal cerita secara runtut tetapi tidak lengkap, memiliki kemampuan menentukan hasil dan mengecek kembali langkah-langkah penyelesaian yang diberikan secara tidak lengkap. memiliki kemampuan dalam strategi pemecahan masalah cerita yaitu masih ragu-ragu dalam menentukan solusi yang akan digunakan sehingga berpengaruh pada tahap selanjutnya, tidak memiliki kemampuan untuk menentukan hasil dan mengecek langkah penyelesaian data dari soal matematika yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN METAKOGNISI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:11
Last Modified: 08 Dec 2023 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48913

Actions (login required)

View Item View Item