Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Yani, Rahma (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMA_YANI_17029072_6409_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan pada Sekolah Menengah Atas yaitu peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang baik. Berdasarkan hasil tes peserta didik dan wawancara dengan guru ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis berbentuk soal essay. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:51
Last Modified: 08 Dec 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48912

Actions (login required)

View Item View Item