Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPS MAN 2 Kota Padang

Putri, Prima Septia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPS MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PRIMA_SEPTIA_PUTRI_19029041_6006_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah salah satu kecakapan matematis yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pada kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X IPS MAN 2 Kota Padang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X IPS MAN 2 Kota Padang yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan static group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IPS MAN 2 Kota Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengampilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah X IPS 1 dan sebagai kelas kontrol adalah X IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep matematis untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematis diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:51
Last Modified: 08 Dec 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48910

Actions (login required)

View Item View Item