Wulandari, Wulandari
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Menggunakan Media Papan Flanel bagi Anak Disleksia (Single Subject Research
Kelas IV di SDN 05 Sungai Kamuyang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan yang dilakukan di
SDN 05 Sungai Kamuyang. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui anak
disleksia belum bisa membaca permulaan yaitu membaca kata dengan konsonan
rangkap. Sementara permasalahan yang dihadapi anak seharusnya bisa diatasi
apabila ada media pembelajaran yang tepat bagi anak. Media belajar banyak
bentuknya salah satunya adalah media papan flanel. Untuk mengetahui apakah
media ini cocok untuk anak disleksia maka dilakukan penelitian dengan tujuan
menambah pengetahuan tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan
melalui pemanfaatan media papan flanel.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian eksprerimen berbentuk SSR (Single Subject Research), desain AB-A.
subjek penelitian ini adalah siswa disleksia kelas IV di SDN 05 Sungai
Kamuyang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa soalsoal
tes yang berbentuk instrumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis
data dalam kondisi dan antar kondisi yang divisualisasikan dalam bentuk grafik
garis.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan,
diperoleh nilai data pada fase baseline (A1) dengan 4 kali pertemuan yaitu 3, 4, 5,
5. Fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan mengalami
peningkatan dengan nilai 17, 19, 20, 20, 21, 21, 21, 21. Pada fase baseline (A2)
sebanyak 4 kali pertemuan dengan nilai 22, 23, 23, 23. Berdasarkan analisis data
yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak
disleksia mengalami peningkatan dengan menggunakan media papan flanel,
seperti yang terlihat dalam kondisi baseline A1, intervensi (B), dan baseline A2.
Actions (login required)
|
View Item |