Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Papan Flanel bagi Anak Disleksia (Single Subject Research Kelas IV di SDN 05 Sungai Kamuyang)

Wulandari, Wulandari (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Papan Flanel bagi Anak Disleksia (Single Subject Research Kelas IV di SDN 05 Sungai Kamuyang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_WULANDARI_18003112_6977_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 05 Sungai Kamuyang. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui anak disleksia belum bisa membaca permulaan yaitu membaca kata dengan konsonan rangkap. Sementara permasalahan yang dihadapi anak seharusnya bisa diatasi apabila ada media pembelajaran yang tepat bagi anak. Media belajar banyak bentuknya salah satunya adalah media papan flanel. Untuk mengetahui apakah media ini cocok untuk anak disleksia maka dilakukan penelitian dengan tujuan menambah pengetahuan tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media papan flanel. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksprerimen berbentuk SSR (Single Subject Research), desain AB-A. subjek penelitian ini adalah siswa disleksia kelas IV di SDN 05 Sungai Kamuyang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa soalsoal tes yang berbentuk instrumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan antar kondisi yang divisualisasikan dalam bentuk grafik garis. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, diperoleh nilai data pada fase baseline (A1) dengan 4 kali pertemuan yaitu 3, 4, 5, 5. Fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan mengalami peningkatan dengan nilai 17, 19, 20, 20, 21, 21, 21, 21. Pada fase baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan dengan nilai 22, 23, 23, 23. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak disleksia mengalami peningkatan dengan menggunakan media papan flanel, seperti yang terlihat dalam kondisi baseline A1, intervensi (B), dan baseline A2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:35
Last Modified: 08 Dec 2023 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48908

Actions (login required)

View Item View Item