Ubay, Syahrani Nur
(2023)
Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di SMP
Negeri 39 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Urgensi dari lahirnya Kurikulum Merdeka adalah sebagai upaya pemulihan
pembelajaran pada tahun 2022 hingga 2024. Krisis yang dimaksud ditandai dengan
rendahnya hasil belajar peserta didik bahkan dalam hal mendasar seperti literasi dan
rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi guru
terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang, (2) persepsi guru
terhadap pelaksanaan proses persiapan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di
SMP Negeri 39 Kota Padang, (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran
Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang, (4) persepsi guru terhadap
proses penilaian Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang
menggunakan penelitian populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling dengan responden berjumlah 21 guru yang menerapkan Kurikulum
Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Uji validitas
instrumen penelitian berdasarkan validitas logis dan emipirs sedangkan uji
reliabilit as menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan nilai koefisien
reliabilitas > 0.7. Populasi dalam penelitian Persepsi Guru terhadap Kurikulum
Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berjumlah 21 orang. Pemilihan sampel
menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan populasi.
Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini, yaitu guru yang melaksanakan
Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru terhadap
Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori
terlaksana sangat baik (90.3%); (2) persepsi guru terhadap persiapan Kurikulum
Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana sangat
baik (91.4%); (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum
Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana sangat
baik (90.1%); (4) persepsi guru terhadap proses penilaian Kurikulum Merdeka di
SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana baik (91.4%);
Actions (login required)
|
View Item |