Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang

Ubay, Syahrani Nur (2023) Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Syahrani_Nur_Ubay_19004082_7231_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Urgensi dari lahirnya Kurikulum Merdeka adalah sebagai upaya pemulihan pembelajaran pada tahun 2022 hingga 2024. Krisis yang dimaksud ditandai dengan rendahnya hasil belajar peserta didik bahkan dalam hal mendasar seperti literasi dan rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang, (2) persepsi guru terhadap pelaksanaan proses persiapan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang, (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang, (4) persepsi guru terhadap proses penilaian Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan penelitian populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan responden berjumlah 21 guru yang menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas logis dan emipirs sedangkan uji reliabilit as menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan nilai koefisien reliabilitas > 0.7. Populasi dalam penelitian Persepsi Guru terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berjumlah 21 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini, yaitu guru yang melaksanakan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana sangat baik (90.3%); (2) persepsi guru terhadap persiapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana sangat baik (91.4%); (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana sangat baik (90.1%); (4) persepsi guru terhadap proses penilaian Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 39 Kota Padang berada dalam kategori terlaksana baik (91.4%);

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:37
Last Modified: 08 Dec 2023 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48907

Actions (login required)

View Item View Item