Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Elvira, Sherin Okti (2023) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SHERIN_OKTI_ELVIRA_19129311_6783_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar tematik terpadu. Penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Talking Stick di kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Penelitian dilaksanakan di SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Subjek penelitiannya adalah guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus (siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan). Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber penelitian didapat dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan hasil belajar (sikap, pengetahuan dan keterampilan). Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) RPP mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki presentase rata-rata 85,5% dengan predikat baik (B) menjadi 91% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentaase rata-rata 88,5% dengan predikat baik (B) menjadi 94% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Aspek peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase ratarata 88,5% dengan predikat baik (B) menjadi 94% sangat baik (A) pada siklus keII. Terakhir (3) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki rata-rata 76,28 dengan predikat baik (B) menjadi 90,13 sangat baik (A) pada siklus ke-II. Dengan demikian model Kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:15
Last Modified: 08 Dec 2023 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48904

Actions (login required)

View Item View Item