Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 25 Kota Payakumbuh

Fitri, Trinindi Eriswan (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 25 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_TRININDI_ERISWAN_FITRI_19129174_5837_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya komponen RPP yang dibuat guru masih kurang lengkap, proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, serta kemampuan memahami pembelajaran pada peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model discovery learning di kelas V SDN 25 Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan campuran/mix method yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 25 Payakumbuh yang berjumlah 28 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, tes, dan non tes. Instrumen penelitian berupa lemabar penilaian RPP, lemabar observasi, lembar soal, lembar jurnal sikap dan rubrik penilaian keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 94,44% (Sangat Baik) dan siklus II 100% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 89,06% (Baik) dan siklus II 100% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 86,72% (Baik) dan siklus II 96,86% (Sangat Baik), c) penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 84,39 dan siklus II dengan ratarata 89,15. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:13
Last Modified: 08 Dec 2023 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48903

Actions (login required)

View Item View Item