Fitri, Trinindi Eriswan
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 25 Kota Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih
tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya komponen
RPP yang dibuat guru masih kurang lengkap, proses pembelajaran masih bersifat
teacher centered, serta kemampuan memahami pembelajaran pada peserta didik
masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model discovery
learning di kelas V SDN 25 Kota Payakumbuh.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan campuran/mix method yaitu pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I yang terdiri dari 2
pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus melalui empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 25 Payakumbuh yang berjumlah 28
orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen,
observasi, tes, dan non tes. Instrumen penelitian berupa lemabar penilaian RPP,
lemabar observasi, lembar soal, lembar jurnal sikap dan rubrik penilaian
keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan
rata-rata 94,44% (Sangat Baik) dan siklus II 100% (Sangat Baik), b) pelaksanaan
pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 89,06% (Baik) dan siklus II 100%
(Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan
rata-rata 86,72% (Baik) dan siklus II 96,86% (Sangat Baik), c) penilaian terhadap
peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 84,39 dan siklus II dengan ratarata
89,15.
Dengan
demikian,
dapat
disimpulkan
bahwa
model
discovery
learning
dapat
meningkatkan
pembelajaran
tematik
terpadu
di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |