Pengembangan Video Interaktif Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-kanak

Pangarti, Wanda Mingga (2023) Pengembangan Video Interaktif Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WANDA_MINGGA_PANGARTI_20330089_5387_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurangnya pengembangan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Asmaul Husna Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Anak belum mampu mengenal benda sesuai bentuk, warna dan ukuran, anak belum mampu mengenal simbol, anak belum mampu mengenal bentuk-bentuk geometri, anak tidak mampu mengulang kembali informasi yang didengarnya, media yang digunakan guru belum mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan video interaktif berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg, Gall and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek dalam penelitian pengembangan ini melibatkan 34 orang anak kelompok B (2 kelas) dan 2 orang guru kelas B di Taman Kanakkanak Asmaul Husna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada tahap uji coba kelas kecil yang dilaksanakan pada 15 orang anak hasil penilaian instrumen kemampuan kognitif anak tentang lingkungan rumah didapatkan hasil uji coba kelas kecil sudah berada pada kategori Mampu atau sebanyak 60 %. (2) Sedangkan Pada tahap uji coba kelas besar yang dilaksanakan pada 19 orang anak hasil penilaian instrumen kemampuan kognitif anak tentang lingkungan rumah didapatkan hasil uji coba kelas besar anak sudah berada pada kategori Mampu atau sebanyak 74 %. Berdasarkan hasil pengukuran validasi media video interaktif diperoleh 88%. Nilai ini jika ditinjau dari tabel kriteria validasi media berada pada kategori nilai sangat tinggi, jadi dapat disimpulkan bahwa media video interaktif bisa dikatakan sebagai media yang memiliki kualitas baik dan validitas tinggi, serta sangat dianjurkan digunakan dalam menunjang pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:13
Last Modified: 08 Dec 2023 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48900

Actions (login required)

View Item View Item