Pangarti, Wanda Mingga
(2023)
Pengembangan Video Interaktif Berbasis
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) dalam
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-kanak.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurangnya pengembangan
pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Asmaul
Husna Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Anak belum mampu
mengenal benda sesuai bentuk, warna dan ukuran, anak belum mampu mengenal
simbol, anak belum mampu mengenal bentuk-bentuk geometri, anak tidak mampu
mengulang kembali informasi yang didengarnya, media yang digunakan guru
belum mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan video interaktif berbasis
STEAM dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman
Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research
and Development (R&D) dengan model Borg, Gall and Gall. Subjek dalam
penelitian ini adalah subjek dalam penelitian pengembangan ini melibatkan 34
orang anak kelompok B (2 kelas) dan 2 orang guru kelas B di Taman Kanakkanak
Asmaul Husna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada tahap uji
coba kelas kecil yang dilaksanakan pada 15 orang anak hasil penilaian instrumen
kemampuan kognitif anak tentang lingkungan rumah didapatkan hasil uji coba
kelas kecil sudah berada pada kategori Mampu atau sebanyak 60 %. (2)
Sedangkan Pada tahap uji coba kelas besar yang dilaksanakan pada 19 orang anak
hasil penilaian instrumen kemampuan kognitif anak tentang lingkungan rumah
didapatkan hasil uji coba kelas besar anak sudah berada pada kategori Mampu
atau sebanyak 74 %. Berdasarkan hasil pengukuran validasi media video interaktif
diperoleh 88%. Nilai ini jika ditinjau dari tabel kriteria validasi media berada pada
kategori nilai sangat tinggi, jadi dapat disimpulkan bahwa media video interaktif
bisa dikatakan sebagai media yang memiliki kualitas baik dan validitas tinggi,
serta sangat dianjurkan digunakan dalam menunjang pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak Taman Kanak-kanak.
Actions (login required)
|
View Item |