Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Kota Padang

Erliansyah, Nadilla Mutia (2023) Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NADILLA_MUTIA_ERLIANSYAH_19035031_4324_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tersedianya media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi yang sudah valid dan praktis namun belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas X IPA MAN 2 Kota Padang tahun ajaran 2022/2023, cara penentuan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas dari tujuh kelas dengan pertimbangan tertentu dari guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Data hasil belajar dianalisis menggunakan N-Gain dan Uji T karena data yang didapatkan berdistrubusi normal dan memiliki varians yang homogen. Nilai N-Gain yang didapatkan yaitu 0,78 pada kelas eksperimen dan 0,68 pada kelas kontrol. Pada uji T didapatkan Thitung = 5,899 > Ttabel = 1,66 dan dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER-POINT INTERAKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:43
Last Modified: 07 Dec 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48880

Actions (login required)

View Item View Item