Pengembangan e-Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA

Jannah, Miftahul (2023) Pengembangan e-Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MIFTAHUL_JANNAH_17035023_1174_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi minyak bumi dipelajari dikelas XI SMA/MA pada semester ganjil. Materi ini dianggap guru bisa dipelajari secara mandiri oleh peserta didik dengan pemberian tugas baca dan latihan. Bahan ajar yang digunakan adalah ringkasan materi yang belum memuat gambar, video, audio, pertanyaan dan belum saintifik. Diperlukan bahan ajar sesuai dengan kurikulum dan kemajuan teknologi salah satunya adalah e-modul. E-modul dapat disajikan dengan model pembelajaran berbasis guided discovery learning (GDL). GDL adalah model pembelajaran penemuan konsep dengan petunjuk dari guru yang bersifat membimbing. Penyusunan e-modul dirancang sesuai dengan sintaks model pembelajaran GDL yang dirujuk dari smitha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul minyak bumi berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA dan mengetahui kevalidan, tingkat kepraktisan dan efektifitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research dengan model pengembangan Plomp. Uji validitas e-modul dilakukan oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP, dan tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia dan 12 orang Peserta didik. Uji efektifitas dilakukan oleh 12 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validitas, lembar angket praktikalitas dan soal pretest postest. Hasil penilaian angket validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V, hasil praktikalitas dianalisis menggunakan formula statistik deskriptif dan hasil efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan validitas konten e-modul minyak bumi berbasis GDL telah valid (0,88), kemudian validitas konstruk dengan kategori valid (0,89). Untuk praktikalitas guru dengan kategori praktis (79,86 %), peserta didik dengan kategori sangat praktis (84,91 %). Hasil efektifitas e-modul dengan kategori tinggi (0,72)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN E-MODUL MINYAK BUMI BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:43
Last Modified: 07 Dec 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48878

Actions (login required)

View Item View Item