Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka Materi Aktivitas Manusia Penyebab Pemanasan Global dan Solusi Fase E SMA/MA

Firdaus, Melati Alicia (2023) Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka Materi Aktivitas Manusia Penyebab Pemanasan Global dan Solusi Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MELATI_ALICIA_FIRDAUS_19035091_4941_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam bidang pendidikan diperparah dengan adanya covid-19. Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh pemerintah. Kesuksesan dalam pelaksanaan kurikulum baru harus didukung dengan terlaksananya pembelajaran dengan baik, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan akan perangkat ajar. Perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah adalah bahan ajar yang dikeluarkan oleh kemendikbudristek. Agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih maksimal maka dibutuhkan bahan ajar tambahan untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka materi aktivitas manusia penyebab pemanasan global dan solusi fase E SMA/MA yang kemudian akan ditentukan kriteria validitas dari bahan ajar Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan yang dikenal sebagai Eucational Design Research (EDR). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Langkah-langkah penelitian yang dilaksanakan yaitu preliminary research dan development or prototyping. Penelitian ini dibatasi sampai uji validitas. Subjek penelitian yaitu dosen dan guru sebagai expert review , dan 9 orang peserta didik untuk uji small group. Data yang didapatkan dari validasi dianalisis dengan rumus Aiken‟s V. Berdasarkan penelitian dari bahan ajar yang telah dikembangkan dihasilkan kategori valid dengan rata-rata nilai validitas sebesar 0,89. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar telah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:41
Last Modified: 07 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48872

Actions (login required)

View Item View Item