Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis LSLC pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Adabiah Padang

Denada, Lala (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis LSLC pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa SMAS Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_LALA_DENADA_19035025_4731_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat kepada guru membuat siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang efisien dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan melibatkan siswa secara aktif. Pemilihan model pembelajaran yang mendukung siswa secara aktif dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor yang menentukan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah guided inquiry learning. Untuk mendukung terlaksananya model pembelajaran guided inquiry learning secara maksimal maka perlu adanya proses perencanaan dan refleksi pembelajaran, yaitu lesson study for learning community (LSLC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided inquiry learning berbasis LSLC pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar siswa SMAS Adabiah Padang. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA SMAS Adabiah Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa data primer yang meliputi hasil belajar pada ranah kognitif. Instrumen penilaian berupa soal tes pilihan ganda berjumlah 25 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh nilai N-gain kelas eksperimen (0,53) lebih tinggi dari kelas kontrol (0,36). Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji t diperoleh thitung (2,579) > ttabel (1,997). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning berbasis LSLC pada materi sistem koloid di SMAS Adabiah Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING BERBASIS LSLC
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:41
Last Modified: 07 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48867

Actions (login required)

View Item View Item