“Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains dan Literasi Lingkungan Berbasis Buku Pengayaan Angin Puting Beliung

Mulyana, Venny (2023) “Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains dan Literasi Lingkungan Berbasis Buku Pengayaan Angin Puting Beliung. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_VENNY_MULYANA_20175024_6223_2023.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Telah dikembangkan instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan berbasis buku pengayaan fisika Angin Puting Beliung. Instrumen ini dibutuhkan untuk mengukur kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan, mencakup 1) instrumen penilaian literasi sains yang terdiri dari aspek konteks sains, pengetahuan sains, kompetesnsi sains, dan sikap terhadap sains, 2) instrumen penilaian literasi lingkungan yang terdiri dari aspek pengetahuan lingkungan, kemampuan pemecahan masalah lingkungan, dan sikap terhadap lingkungan. Instrumen ini diharapkan mampu mengukur efektivitas buku pengayaan dalam mengasah literasi sains dan literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan berbasis buku pengayaan fisika Angin Puting Beliung yang valid, reliabel, dan praktis. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penilaian literasi sains dibuat dalam bentuk tes uraian 15 butir pertanyaan dan kuesioner penilaian diri 6 butir pernyataan. Instrumen literasi lingkungan berjumlah 40 butir terdiri dari aspek pengetahuan lingkungan 13 butir pertanyaan, kemampuan pemecahan masalah lingkungan 9 butir pertanyaan, dan sikap terhadap lingkungan 18 butir pernyataan. Hasil uji validasi ahli terhadap instrumen penilaian literasi sains didapatkan nilai V sebesar 0.85 dengan kategori valid dan instrumen literasi lingkungan 0.85 dengan kategori valid. Sudah dilakukan uji coba terhadap instrumen yang dikembangkan melibatkan 3 orang guru dan 26 orang peserta didik di SMAN 2 Padang Panjang. Hasil uji validitas empiris didapatkan bahwa instrumen literasi sains didapatkan 21 butir instrumen teruji valid, sedangkan instrumen penilaian literasi lingkungan didapatkan 39 dari 40 butir instrumen yang valid. Butir instrumen yang valid dinilai tingkat reliabilitasnya. Reliabilitas instrumen literasi sains untuk tes uraian dan kuesioner penilaian diri masing-masing sebesar 0,80 dan 0,81 dengan kategori sangat tinggi, sedangkan instrumen literasi lingkungan untuk tes uraian dan kuesioner penilaian diri masing-masing didapatkan hasil koefisien reliabilitasnya 0.91 dan 0.88 dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan dinilai oleh guru dan peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian. Nilai kepraktisan instrumen penilaian literasi oleh guru dan peserta didik masing-masing 86% dan 86,1% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan instrumen literasi lingkungan sebesar 86,2% dan 86,1% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi sains dan literasi lingkungan yang dikembangkan layak digunakan untuk menilai efektivitas buku pengayaan Fisika Angin Puting Beliung.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Literasi Sains, Literasi Lingkungan, Buku Pengayaan, Angin Puting Beliung
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:41
Last Modified: 07 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48866

Actions (login required)

View Item View Item