Pengembangan Modul Elektronik Bioetika Berbasis Case-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang”

Putri, Sintia (2023) Pengembangan Modul Elektronik Bioetika Berbasis Case-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang”. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SINTIA_PUTRI_21177023_3930_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang bermakna bagi mahasiwa dapat diciptakan dengan inovasi dan kreativitas pendidik dalam mengembangkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar inovatif yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran yakni, modul elektronik. Modul elektronik dapat didefinisikan sebagai bentuk penyajian bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan dalam format elektronik. Modul elektronik yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran berbasis case-based learning karena dapat mengaitkan materi atau kasus dengan kehidupan nyata sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas modul elektronik. Efektifitas dilihat dari penggunaan modul elektronik sebelum dan sesudah penerapan sehingga terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Metode yang dilakukan meliputi preliminary research, prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini mahasiswa Departemen Biologi 2022. Objek penelitian ialah modul elektronik Bioetika berbasis case-based learning. Instrumen pada penelitian ini sudah valid yaitu angket validitas, praktikalitas, penilaian soal efektivitas. Teknik analisis data validitas, praktikalitas dan penilaian soal menggunakan penskoran skala likert dan efektivitas menggunakan Uji T dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik Bioetika berbasis casebased learning memperoleh hasil validitas kriteria sangat valid, hasil praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa dengan kriteria sangat praktis dan praktis, yang masing-masing nilai dengan rata-rata 94,29%, 93,37%, dan 78,98%. Berdasarkan Uji T yang dilakukan maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan modul elektronik Bioetika berbasis case-based learning dengan yang tidak, yaitu signifikansi berpikir kritis 0,000. Dengan demikian modul elektronik Bioetika berbasis case-based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bioetika, Case-based Learning, Modul Elektronik, dan Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:40
Last Modified: 07 Dec 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48862

Actions (login required)

View Item View Item