Pembuatan E-Modul Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Suhu dan Kalor Fisika SMA Kelas XI

Sari, Nadya Endah (2023) Pembuatan E-Modul Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Suhu dan Kalor Fisika SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NADYA_ENDAH SARI_17033026_695_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa memiliki keterampilan 4C yaitu: creative thinking (berpikir kreatif), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), communication (komunikasi) dan collaboration (kolaborasi). Pada kenyatannya kemampuan pemecahan masalah pada siswa masih rendah. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Untuk mendukung proses pembelajaran dibutuhkan bahan ajar berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul fisika pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian research and develompment dengan model penelitian pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi sampai tahap expert review. Pada tahap pertama yaitu penelitian pendahuluan diperoleh data awal berupa analisis kebutuhan perserta didik dari beberapa jurnal serta analisis kurikulum pada KD 3.4 yaitu pada materi suhu dan kalor. Pada tahap kedua yaitu tahap expert review, e-modul divalidasi oleh tenaga ahli yaitu oleh 5 orang dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket validasi. Hasil analisis data didapatkan e-modul fisika model problem based learning pada materi suhu dan kalor sangat valid. Produk divalidasi oleh lima orang tenaga ahli dengan lembar uji validitas yang terdiri dari tiga komponen penilaian. Komponen pertama yaitu aspek materi dan bahasa dengan nilai rata-rata 0,88 kategori sangat valid. Komponen kedua yaitu karakteristik e-modul dengan nilai rata-rata 0,90 kategori sangat valid. Komponen ketiga yaitu model problem based learning dengan nilai rata-rata 0,86 kategori valid. Jadi, dari hasil rata-rata dari ketiga komponen ini yaitu 0,88 pada kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan e-modul fisika model PBL pada materi suhu dan kalor yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN E-MODUL MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:40
Last Modified: 07 Dec 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48861

Actions (login required)

View Item View Item