Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Rlektronika di SMKN 10 Kec. Guguk

Efriyani, Melisa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Rlektronika di SMKN 10 Kec. Guguk. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MEILISA_EFRIYANI_18065029_1146_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 01 kec. Guguk. Penelitian menggunakan metode non equivalen post-test only control grup design untuk melihat pengaruh utama variabel bebas terhadap variabel terikat. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian siswa XI TEI (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan XI TAV (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran langsung. Pemerolehan nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen adalah 76,89 dan kelas kontrol adalah 62,40, lebih tinggi hasil belajar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (5,03 > 1,676) dengan taraf signifikan 5% yang berarti bahwa hipotesis (Ha) diterima dan secara otomatis hipotesis (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 01 Kee. Guguk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:31
Last Modified: 07 Dec 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48860

Actions (login required)

View Item View Item