Efriyani, Melisa
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Rlektronika di SMKN 10 Kec. Guguk.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 01 kec. Guguk. Penelitian menggunakan metode non equivalen post-test only control grup design untuk melihat pengaruh utama variabel bebas terhadap variabel terikat. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian siswa XI TEI (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan XI TAV (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran langsung. Pemerolehan nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen adalah 76,89 dan kelas kontrol adalah 62,40, lebih tinggi hasil belajar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (5,03 > 1,676) dengan taraf signifikan 5% yang berarti bahwa hipotesis (Ha) diterima dan secara otomatis hipotesis (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 01 Kee. Guguk.
Actions (login required)
|
View Item |