Pengembangan E-Modul Berbasis Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Peserta Didik Kelas VII

Hanria, Rika (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Peserta Didik Kelas VII. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_RIKA_HANRIA_20205028_4318_2023.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum optimal dalam mencapai kompetensi siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum. Hal ini disebabkan belum tersedianya sumber belajar yang memfasilitasi kemampuan berpikir reflektif matematis dan kendala yang dialami selama covid-19. Proses pembelajaran juga belum memfasilitasi dari segi pembelajaran yang kombinasi (daring dan luring). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu fase preliminary reseacrh, fase prototyping phase, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Pariangan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan Bahasa Indonesia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, tes akhir, lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. E-modul divalidasi oleh para pakar dengan memperoleh tingkat validitas adalah 3,60 dengan kategori sangat valid. E-modul yang dikembangkan sudah praktis dengan memperoleh nilai presentase sebesar 85,32% dengan kategori sangat praktis. E-modul dikatakan efektif karena pengguna e-modul memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata 82,6 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kemampuan Berpikir reflektif, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:31
Last Modified: 07 Dec 2023 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48859

Actions (login required)

View Item View Item