Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengetahuan Awal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang

Putri, Maiyusri Eka (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengetahuan Awal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_MAIYUSRI_EKA_PUTRI_20177008_3658_2023.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut pendidikan diarahkan kepada pembelajaran yang membekali peserta didik dengan keterampilan abad 21. Salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat dikembangkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat dan didukung oleh pengetahuan awal yang telah dimiliki oleh peserta didik. Namun, penggunaan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum maksimal mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan belum pernah dilakukan tes untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis adalah model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan dua kelas sampel menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control-Group Posttest Only Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji t jenis independent sample test dan uji anava dua arah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) Model pembelajaran berbasis masalah mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. (2) Model pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan awal tinggi mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. (3) Model pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan awal rendah mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang. (4) Model pembelajaran berbasis masalah tidak memiliki interaksi dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengayang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhda, YuniUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pengetahuan Awal, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:21
Last Modified: 07 Dec 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48850

Actions (login required)

View Item View Item