Pengembangan E-modul Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA

Putri, Annisa Anike (2023) Pengembangan E-modul Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_ANNISA_ANIKE_PUTRI_21177001_ 3928_2023.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan semakin canggih, sekolah sebagai lembaga pendidikan diperlukan untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang merupakan salah satu keterampilan yang dituntut dalam pembelajaran abad 21. Akan tetapi, fakta yang ditemukan di sekolah tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah. Oleh karena itu dilakukan pengembangan e-modul biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul biologi berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan Model Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu preliminary research phase, development or prototype phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research phase dilaksanakan analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan permasalahan, dan analisis konsep. Pada tahap development or prototype phase dilaksanakan pengembangan prototype yang akan diujicobakan secara bertahap dan direvisi berdasarkan tahap evaluasi formatif yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Pada tahap assessment phase dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas. Objek penelitian ini adalah Emodul biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data hasil uji efektivitas dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil uji validitas memiliki nilai rata-rata 83,78% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan nilai rata-rata uji praktikalitas 90,97% oleh guru dan 81,73% oleh siswa dengan kriteria sangat praktis. Kemudian nilai rata-rata uji efektivitas menunjukkan lebih tingginya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eskperimen (80,30) dibandingkan dengan kelas kontrol (74,05). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran biologi khusunya materi keanekaragaman hayati kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:12
Last Modified: 07 Dec 2023 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48844

Actions (login required)

View Item View Item