Perancangan E-modul Interaktif Berbasis FlipHTML5 sebagai Sumber Belajar untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Meulaboh

Maisyir, Andhur (2023) Perancangan E-modul Interaktif Berbasis FlipHTML5 sebagai Sumber Belajar untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Meulaboh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANDHUR_MAISYIR_18065024_50_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

E-Modul membantu siswa mencapai hasil belajar yang terstruktur disekitar kurikulum mereka, diringkas dalam bentuk unit pembelajaran, dan dapat dipelajari secara individual setiap saat. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai dalam tugas akhir ini adalah model pengembangan 40. Prosedur pengembangan e-modul pembelajaran melalui tahapan berikut : (1) Define, Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Perancangan e-modul mengguanakan FlipHTML5 sebagai sarana interaktif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar. FlipHTML5 merupakan salahsatu contoh Flipbook yang berupa lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender berukuran 21 x 28 cm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penclitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk menyelidiki masalah yang muncul di dalam kelas. Nilai KKM dan tingkat keefektifan e-modul. Kuesioner digunakan untuk menilai kelayakan dan kepraktisan produk. Validasi produk didasarkan pada empat aspek: Bahasa, grafik, kelayakan isi, dan penyajian materi. Berdasarkan hasil validasi e-Modul pembelajaran yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata 4,81 dengan standar sangat baik (tidak perlu koreksi)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorSlamet, LegimanUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:43
Last Modified: 07 Dec 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48843

Actions (login required)

View Item View Item